Sabtu, 04 Juli 2015

Pangdam Buka Latihan Pratugas Pengamanan Daerah Rawan Papua Dan Papua Barat


Jayapura (04/07) – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Fransen G.Siahaan, SE  membuka latihan Pratugas Pengamanan Daerah Rawan Papua dan Papua Barat yang diikuti 400 prajurit gabungan dari Yonif 751/R dan Yonif 756/WMS pada Sabtu 04 Juni 2015 bertempat di lapangan Yonif 751/R Sentani.

Pangdam dalam amanatnya menyampaikan tujuan latihan Pratugas yang kita laksanakan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Satuan Tugas Yonif organik Kodam XVII/cenderawasih dalam melaksanakan tugas pengamanan operasi Daerah Rawan Papua dan Papua Barat dalam rangka menjaga keamanan dan kedaulatan, melindungi masyarakat Republik Indonesia di wilayah Papua dan Papua Barat. Sedangkan sasaran dari latihan ini adalah sesuai dengan tuntutan tugas Pamrahwan Papua dan Papua barat yang meliputi pemahaman karakteristik daerah operasi, tekhnik dan taktik pengamanan, operasi lawan gerilya dan pengetahuan Binter yang akan mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas. Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan adalah terwujudnya realisme latihan yaitu dengan memberikan gambaran situasi yang mendekati keadaan sebenarnya di medan tugas, oleh karena itu guna penerapan tehnik dan taktik tempur dalam latihan ini maka daerah latihan harus sesuai dengan metode latihan dengan berpedoman pada prosedur dan prinsip-prinsip latihan untuk mencapai tujuan dan sasaran latihan secara optimal. Disamping itu keberhasilan latihan sangat ditentukan oleh peran para peserta latihan dalam memanfaatkan waktu sebaik-baiknya serta mampu mengembangkan semangat, solidaritas dan jiwa korsa diantara sesama prajurit selama pelaksanaan latihan Pratugas.

Diakhir amanat Pangdam memberikan penekanan agar seluruh peserta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dalam kehidupan prajurit, serta mengembangkan kemampuan dengan menyerap materi latihan sebanyak-banyaknya, patuhi perintah pelatih, jaga kekompakan, semangat dan pelihara kesehatan selama latihan. Perhatikan faktor keamanan selama melaksanakan latihan serta pedomani prosedur dan prinsip-prinsip dalam pelaksanaan latihan, dan selalu mengamalkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI serta hindari prilaku dan kegiatan yang dapat merugikan masyarakat sehingga tidak timbul pencitraan negatif terhadap institusi TNI-AD.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Cyberteam 17 | Bloggerized by Cyber - Blogger Themes | NKRI